PENGISIAN LOG BOOK ( BUKU HARIAN KAPAL ) DENGAN BAHASA INGGRIS ( BAGIAN SATU )
DECK LOGBOOK |
Examples
In Entry The Ship’s Log Book ( contoh contoh dalam pengisian Buku Harian Kapal
)
V/L SB SIDE A’SIDE
AT SHED NO.302 PORT OF TG.PRIOK
(Kapal sandar kanan pada gudang 302 Pelabuhan Tg.Priok)
V/L MOORING AT
NO.22 MOORING BUOY PRADIT,BANGKOK
(Kapal tertambat pada bui tambat no.22 Pradit,Bangkok)
V/L SB A’SIDE AT
WHARF MIRAH TG.PERAK BY 3 LINES & 1 SPRING F/A
(Kapal sandar kanan pada dermaga Mirak,tg.perak dengan 3
tros & 1 spring Muka/Belakang)
V/L ANCHORED AT
PILOT STATION PONTIANAK BAR WITH PS ☫ 3 ⍉
I/W
(Kapal berlabuh di stasiun pandu Muara Pontianak dengan
jangkar kiri 3 segel di air)
V/L ANCHORED AT
SURABAYA RDS, INNER ANCHORAGE WITH PS ☫ 3.5 ⍉
I/W
(Kapal berlabuh di pelabuhan Surabaya, Pelabuhan dalam
dengan jangkar kiri 3.5 segel di air)
V/L LYING AT SB ☫
4 ⍉
I/W IN MAKASSAR ROADS
(Kapal berlabuh dengan Jangkar kanan 4 segel di air di
Pelabuhan Makassar)
V/L BERTHING PS AT NILAM QUAY , GODOWN
NO.500 SURABAYA
(Kapal sandar kiri di dermaga Nilam, gudang No.500
Surabaya)
V/L LYING AT NO.3 FLOATING DOCK OF DRY DOCK
TG.PRIOK
(Kapal duduk di atas dok terapung dok no.3 Tg.priok)
UNDER MASTER’S COMMAND AND PILOT’S ADVICED(=UMC
AND PILOT’S ADVICED) , DEPARTURE BELAWAN
(Dibawah Komando Nakhoda dan petunjuk pandu bertolak dari
Belawan)
COURSE UNDER MASTER’S COMMAND AND PILOT’S
ADVICE PROCCED TO SEA
(Haluan dibawah perintah Nakhoda dan petunjuk pandu
menuju ke laut)
BY MASTER’S COMMAND AND PILOT ADVICED
PROCCED TO SEA
(Atas perintah Nakhoda dan petunjuk pandu menuju ke laut)
BY PILOT’S ADVICED AND MASTER’S COMMAND
LEAVING SURABAYA FOR BELAWAN
(Atas petunjuk pandu dan perintah nakhoda meninggalkan Surabaya
menuju belawan)
BY WHAT PILOT ADVICED AND MASTER COMMAND
(Menurut atau sesuai apa yang diberi petunjuk oleh pandu
dan diperintah Nakhoda)
COURSE BY WHAT PILOT ADVICED AND MASTER
COMMAND
(Haluan menurut apa yang diberi petunjuk oleh pandu dan
diperintah nakhoda)
UNDER MASTER’S COMMAND PROCCED TO
☫ AGE
(Di bawah perintah / komando nakhoda menuju tempat
berlabuh)
COURSE UNDER MASTER’S COMMAND PROCCED TO
PILOT BOARDING GROUND
(Haluan dibawah perintah nakhoda / komando nakhoda menuju
tempat pandu naik kapal)
COURSE BY MASTER’S COMMAND ARRIVAL TG.PRIOK
(Haluan atas perintah nakhoda tiba di tg.priok)
KETERANGAN :
ADVICE :
Nasehat / Petunjuk ( Kata
benda )
ADVISE / : Memberi
nasehat/petunjuk ( Kata kerja )
ADVISED
COMMAND :
Perintah / Komando (
Kata benda )
COMAND / :
Memberi perintah/petunjuk ( Kata kerja
)
COMANDED
0500 OHN to E/R
(05.00 Satu jam Kamar mesin)
0510 CLOCK
SYNCRONIZED AND TELEGRAPH TEST FOUND OK
(05.10 Cocokan jam coba telegrap, kedapatan baik)
05.48
SBE/COMMENCED HEAVE UP ☫
(05.48 Mesin siap/Mulai hibob jangkar)
0555 ☫UP
/ COMMENCED MONOEUVRE
(05.55 Jangkar naik/Mulai olah gerak
0630 POB/PROCCED
TO SURABAYA ROADS
(06.30 Pandu naik/Menuju ke pelabuhan Surabaya)
0812 LET GO SB ☫
3 ⍉
O/D AT SURABAYA ☫AGE
(08.12 Lego jangkar kanan 3 segel di dek di tempat
berlabuh Pelabuhan Surabaya)
0824 FWE/PILOT
AWAY AWAITING HARBOUR PILOT FOR A’SIDE
(08.24 Selesai mesin/Pandu turun,menunggu pandu Bandar untuk
sandar)
0500 OHN to E.R
(05.00 Satu jam kamar mesin )
0515 CLOCK
SYNCRONIZED AND BRIDGE GEAR TESTED FOUND OK
(05.15 Cocokan jam dan coba peralatan navigasi di
anjungan, kedapatan baik)
0554 PASSING OUTER
BUOY AND SBE/EOSV
(05.54 Melintang bui luar dan siap mesin/Berakhirnya
pelayaran di laut)
0648 POB
Mr.PRIYONO
(06.48 Pandu naik di kapal bpk.Priyono
0707 FIRST LINE
ASHORE FROM fORWARD
(07.07 Tros pertama ke darat dari Depan)
0715 V/L PS A’SIDE
AT WHARF NUSANTARA 2, PORT OF TG.MAS SEMARANG
(07.15 Kapal sandar kiri di dermaga nusantara 2 pelabuhan
tg.mas Semarang)
0724 FWE/PILOT
LEFT, V/L WELL MOORED WITH 2 LINE AND 1 SPRING F/A
(07.24 Selesai mesin,Pandu turun,kapal tertambat baik dgn
2 tros & 1 spring muka/belakang)
0730 FREE
PRACTIQUE GRANTED
(07.30 Ijin bebas karantina diperoleh)
CATATAN :
-
Penggunaan kata SHIP dan V/L sama benarnya,
tetapi untuk menyingkatkan penulisan / pencatatan dalam Buku Harian Kapal,
sebaiknya dipakai kata V/L
-
Penggunaan istilah FINISHED WITH ENGINE dan
kependekannya FEW adalah sama benarnya, tetapi untuk penyingkatan dalam
pengisian Buku Harian Kapal, sebaiknya digunakan kata FEW
-
Khusus dalam pengisian Buku Harian Kapal
berbahasa Inggris, maka waktu dihitung hanya dalam JAM dan MENIT yang bulat,
tanpa detik. Jadi DETIK dibulatkan ke atas atau ke bawah dan dihitung dalam
bagian dari MENIT. Sehingga pencatatan waktu dalam Bahasa Inggris terdiri hanya
dari 4 angka yang berurutan tanpa pemisahan oleh tanda titik.
Contoh :
Jam 20.03 = 2003hrs
Jadi cukup ditulis 2003 dan bukan 20.03 ( 20.03 adalah cara penulisan dalam bahasa Indonesia )
Untuk
memudahkan perhitungan pemakaian bahan bakar, maka diusahakan agar saat
dinyatakan mesin siap (SBE=Standby Engine) dan saat Selesai Mesin (FEW=Finished
With Engine), adalah merupakan jumlah waktu yang dapat habis dibagi 6 atau
untuk lebih sederhana agar angka menit merupakan bilangan kelipatan 6 atau
dapat habis dibagi 6Contoh :
Jam 20.03 = 2003hrs
Jadi cukup ditulis 2003 dan bukan 20.03 ( 20.03 adalah cara penulisan dalam bahasa Indonesia )
Contoh :
2012 SBE
2248 FEW
Dan jangan mencatat missal :
1311 SBE
1504 FEW
Contoh yang terakhir ini akan merupakan pecahan , sehingga agak menyulitkan dalam perhitungan bahan bakar.
Link terkait :
Cara menulis logbook dengan bahasa inggris ( Bagian dua )
10 Komentar:
mohon komentar jika ada usulan, tks..
mksh
Thanks...
Alat Bantu Sex
Boneka Full Body
Obat Penghilang Tatto
Alat Pembesar Payudara
Alat Pembesar Penis
Obat Perangsang Wanita
Procomil Spray
Celana Hernia
Viagra
Viagra
Nice artickle, thanks has been sharing this information. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health.
Obat Viagra
Viagra Asli
Khasiat Obat Viagra
Pil Biru
Penirum Asli
Titan Gel Asli
Isi dari laporan kerja mesin selama beroperasi
Ada tidak bos
Ijin copy
Yang bertugas isi buku jurnal kalau kapal sandar itu siapa??
Sy lupa cara msk ke log book
sangat membantu terima kasih banyak
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda