COMPASS AZIMUTH & TRUE AZIMUTH
Pengalaman
saya dalam menghitung error compass, banyak Officer maupun cadet yang sibuk
terlebih dahulu dengan membayangkan perhitungan yang begitu rumit sebelum ia
benar – benar melaksakan nya. Maka alhasil "malas" dan "banyak
pekerjaan" sehingga tidak sempat mengambil error kompas begitu alasan nya.
Maka
ada baik nya anda fokuskan pikiran anda hanya pada dua hal saja yaitu :
Compass Azimuth dan True Azimuth
Compass
Azimut, anda tidak perluh menghitung untuk mendapatkan nya tetapi melakukan
pembaringan langsung terhadap matahari. Sedangkan..
True
Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar
Ilmu Pelayaran atau juga Norie`s Nautical Tables.
Setelah
anda melakukan kedua hal itu, maka error compas pun dapat di ketahui.
Mari kita memulai pelaksanaan dengan:
STEP
I. Compass Azimuth.
Untuk
mengetahui Compass Azimuth maka kita di haruskan melakukan baringan terhadap
matahari langsung dengan tahap – tahap sebagai berikut:
Di
atas kapal kita harus mempunyai alat2 seperti Gyro Compass, Standard Compass,
dan Repeater. Dan kemudian kita juga ada alat yang nama nya Azimuth Mirror dan
Chronometer / alat penunjuk waktu tersedia di atas kapal. jika gk ada
Chronometer bisa menggunakan jam yg ada di GPS. Jam nya itu terupdate dari
satelit jadi akurat.
Setelah
semua nya ada di atas kapal perhatikan lagi karena kita nanti juga akan
menghitung True Azimuth untuk waktu yang sama dimana anda mengambil compass
azimuth tersebut maka persiapkan juga Nautical Almanac, Daftar Ilmu Pelayaran,
atau Norie`s Nautical Tables suda stand by untuk di gunakan.
Setelah
itu kita akan memulai pengambilan baringan atau Gyro bearing matahari tetapi
sesaat sebelum atau sesaat setelah pengambilan baringan, perikasa dulu
penunjukan haluan standard compass, gyro compass atau master gyro (yang adanya
sedikit tersembunyi bisa anda cari di sekitar kemudi itu ada lubang kecil lalu
intip). Kemudian cek juga steering, dan Center Repeater, Starboard and Port
Repeater. Suda, lalu catat penunjukan haluan masing2 dan juga perbedaan satu
sama lain bila ada. Atau apabila perbedaan nya cukup besar misal nya lebih dari
5° maka perluh di adjust repeater paling tidak lebih mendekati sama dengan
penunjukan master gyro atau lebih kurang dari 3° boleh lah untuk Master Gyro
dan Repeater. Bukan magnetic kompas (standar kompas) mengapa? Karena gk mungkin
kan anda adjust master gyro disamain dengan magnetic compass atau Standar
kompas??
Selanjutnya
silahkan menghampiri salah satu repeater entah itu yang center repeater atau
starboard dan port repeater yang mana menurut anda leluasa tidak terhalang
bagian2 anjungan kapal bila saat pengambilan baringan.
Letakanlah
azimut mirror pada bagian atas repeater. Pastikan circular plate azimut mirror
masuk benar pada bundaran repeater. Kalo masih belum pas anda coba sedikit di
tekan sampai benar masuk dan bisa di geser / putar tidak lengket atau terasa
berat.
Arahkan
reflecting glass (macam kaca pemantul) azimuth mirror ke arah matahari ( paling
baik matahari sekitar jam 4 soreh sampai jam 5 soreh atau jam 6 bahkan
mendekati sunset kalo langit cerah sehingga nampak jelas matahari, sebalik nya
juga di pagi hari dengan tinggi matahari tidak terlalu tinggi tetapi jelas dan
bersinar terang ) kemudian adjust dengan mengerakan reflecting glass tersebut
dari atas ke bawa sampai pantulan matahari tepat di kaca yang lain pada
piringan Azimut mirror tsbt. Sesuaikanlah dengan ayunan oleng kapal ke kiri dan
kanan. Tahan lah pada bidang datar dengan kelincahan mata anda melihat titik tengah
dari pengukuran spirit level (macam water pass) pada azimut mirror tsbt.
Sehingga pada mark disk atau mawar compass repeater anda akan mendapati
seberkas sinar tepat seperti garis cahaya mengenai titik-titik derajat pada
mawar repeater. Pada saat yang tepat pula baca lah penunjukan nya… Lalu catat.
(catat menunjukan berapa derajat)
Dengan
waktu yang hampir bersamaan juga, bacalah penunjukan jam. Catatlah dalam
detik-menit-dan jam. Dan tentu juga tangal hari itu. ( langsung aja dlm jam
GMT)
Catat
juga posisi GPS anda Lintang dan Bujur saat tersebut.
Informasi
atau data tersebut bisa anda catat dengan urutan dan format pada sebuah buku
catatan/cakaran perhitungan Error kompas seperti ini:
Date
: 23 – JUL- 2010
Time
: 09h 36m 40s UTC (utc atau GMT sama saja maksud nya)
Position
: Lat: 02° 31.20′ N
Long: 101° 30.00′ E (Malacca Strait)
Compass
Azimuth : 291° ( Port
Repeater)
Course,
Gyro: 128° Standard: 130°
Steering: 128°
Atau
seperti gambar.
Gambar 1. Compass Azimuth |
Anda
telah menyelesaikan STEP I. Compass Azimuth, perhatikan baik2 setelah
anda menyelesaikan tahap ini berarti anda telah menyelesaikan 1 tugas di
antara 2 tugas utama sebagai sumber informen untuk mengungkap error
compass. Seperti yang sudah saya katakan hanya ada dua poin utama tugas anda
untuk menyelesaikan perhitungan Error Compass yaitu Compass Azimuth, True
Azimuth.
Maka Step berikut nya, kita masuk pada ulasan menyelesaikan True Azimuth atau bisa kita sebut:
STEP
II. True Azimuth
True
Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar
Ilmu Pelayaran atau Norie`s Nautical Tables atau calculator menggunakan formula
/ rumus.
Pada
STEP II. True Azimuth ini,
Perlu dipahami bahwa True Azimuth bisa anda dapat apabila ada 3 macam hal lain terlebih
dahulu sudah anda ketahui.
3
hal yang saya maksudkan adalah: LHA matahari, Lintang anda, dan Declinasi
matahari. Itu saja tiga poin tersebut apabila anda telah ketahui maka kita bisa
mendapakan True Azimuth.
Penjelasan
singkat:
LHA
matahari di dapat dari Nautical Almanac dengan sedikit perhitungan kecil tidak
ada nories nautical tables atau tabel apa pun di butuhkan disini. Murni hanya
nautical almanac.
Posisi
Lintang Observasi di dapat dari posisi GPS kapal anda.
Declination
di dapat dari Nautical Almanac dengan tambahan sedikit koreksi. ini juga tidak
di butuhkan nories table.
Nah
dari 3 poin tersebut di atas yang sudah anda ketahui tentu adalah poin nomor 2
“Posisi Lintang Observasi” ( karena anda langsung nyontek dari GPS kapal )
Tetapi
poin no.1 dan 3 belum anda ketahui. Betul ?
Spt di bawa ini adalah hasil nya:
LHA
matahari : 64°
Lintang
: 03° N
Declinasi
: 20° N
Untuk
mendapatkan True Azimuth, nah disini baru keluarkan buku tabel “Nories Nautical
Tables”.
Almanac
tidak lagi di butuhkan. langsung saja ya saya tulis sebelum nya bleng seperti ini:
A
:
B
:
C
:
True
Azimuth :
True
Azimuth :
Anda
membuka Daftar “Nories Nautical Tables” truss… anda dapat hasil sbb:
A
: 0.03 S
B
: 0.40 N ( – )
C
: 0.37 N
True
Azimuth : N 69.7° W
True
Azimuth : 360° – 69.7° = 290.3° T
Akhir
nya anda telah mendapat True Azimuth.
Penjelasannya :
Pertama:
Anda
telah mendapat LHA matahari : 64-02.6, Lintang : 02-31.2 N, Declinasi :
20-03.2 N (lihat di atas)
Kedua:
Selanjut
nya ambil lah buku "NORIE`S NAUTICAL TABLES" bawa kemari semua macam2
buku di atas meja jauhkan yang ada hanyalah "NORIE`S NAUTICAL TABLES"
di atas menja. Kemudian bukalah di halaman buku tersebut cari daftar A.B.C
Azimut, letak halaman nya kira2 berada di tengah halaman ke akhir halaman buku
dengan bagian BAB. CELESTIAL NAVIGATION. Sudah temukan?? Selanjutnya silahkan
di isi isian bagan kosong di atas.
Penjelasan
untuk A
0.03
di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan
Lintang (Lihat Gambar: Table-A)
Mengapa
di belakang angka 0.03 ada tanda S ? alasan nya karena Lintang adalah N. Hukum
nya, A ini sebutan nya selalu belawanan dengan Lintang. maka apabila Lintang N
berarti sebutan A harus lah S artinya berlawanan. perhatikan baik2..
(
Gambar: Tables-A ) Norie`s Nautical Tables
|
Penjelasan
untuk B
0.40
di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan
Declinasi matahari (Lihat Gambar: Table-B)
Mengapa
di belakang angka 0.40 ada tanda N ? Alasan nya karena Declinasi adalah N.
Hukum nya, B ini sebutan nya selalu senama dengan Declinasi. Maka apabila
Declinasi N berarti B ini penyebutan nya harus N juga artinya selalu senama.
(sampai
disini gmana? gampang yah.. saya sudah pernah bilang sesuatu pekerjaan terkesan
sulit kalo belum tau. Tetapi kalo uda tau yahh segitu aja. iakan? bagaimana
dengan maneuver tugboat gandeng tongkang. sulit gk?? kalo belum pernah jangan
coba-coba. praktek dulu atau latihan main game perang sebelum sungguh2
berperang).
Penjelasan
untuk C
0.37
(bukan di dapat dari Norie`s Nautical Tables) tapi di dapat dari Penjumlahan
atau Pengurangan A dan B. Hukum nya apabila A dan B senama maka di jumlahkan
kedua nya. Tetapi apabila tidak senama maka di kurangkan.
Mengapa
di belakang angka 0.37 ada tanda N ? alasan nya penyebutan di C ini akan
otomatis mengikuti penyebutan A atau B salah satu yang memiliki nilai paling
besar.
Penjelasan
untuk True Azimuth ( perhatikan di atas )
mengapa
tertulis seperti ini, N 69.7° W (perhatikan di atas)
69.7°
di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument C dan
Lintang.
Perhatikan
baik – baik dengan argument 0.37 dan lintang. Maka angka ini anda cari di
Norie`s Nautical Tables pada Daftar C. cari angka 0.37 ada di sana. Lihat
paling atas sekali cari di semua halam Daftar C. apabila sudah ketemu, kemudian
tarik pandangan ke bawa sejajar dengan lintang 03° maka anda mendapat
angka ini, 69.7 Sudah dapat, catat, tulis di kertas orek2an anda dengan di
tambahkan penyebutan nya sehingga jadi seperti ini: N 69.7° W saya
jelaskan sedikit… mengapa ada N? alasan nya karena C adalah N. Mengapa W
? alasan nya karena LHA. karena nilai LHA masih di antara 000° – 180° . Namun
apabila LHA nilai nya di antara 180° – 360° berarti penyebutan nya E.
Untuk
lebih memudahkan pemahaman anda saya sertakan gambar, Daftar C lihat
gambar
(
Gambar: Table – C ) Norie`s Nautical Tables
|
Catatan:
Pengalaman
saya sejauh saya mengamati matahari, saya hanya bisa mengambil error kompas dan
dapat mengambil error kompas dengan LHA matahari hanya antara 270° – 360° itu
adalah letak matahari dari matahari terbit di timur sampai dengan siang hari
tegak lurus di atas kepala anda. kemudian 000° – 090° ini adalah sudut jam matahari
di atas kepala anda sampai dengan matahari terbenam di barat… kemungkinan anda
bisa mendapat LHA lebih dari contoh saya di atas apabila anda berlayar di atas
Lintang 10°N ke dibawa Lintang 10°S anda bisa mendapatkan LHA lebih dari
ketentuan saya di atas dengan catatan Declinasi hampir sama dengan Lintang
Anda, maka tentu terasa matahari libih lama bersinar daripada terbenam. Tetapi
apabila anda berlayar hanya di sekitar khatulistiwa saja maka LHA anda tidak
akan jauh dari patokan saya tersebut. Jadi apabila anda menulis LHA tidak di
antara 270° – 360° dan 000° – 090° itu artinya anda ulangi lagi perhitungan LHA
anda karena salah.
Tetapi
apabila memang perhitungan LHA anda tetap hasil nya di luar jauh dari pada 000°
– 090° dan 270° – 360°, berararti anda barangkali memang betul juga,,?? karena melihat matahari pada malam hari..
JAdi
maksud saya LHA di luar dari pada yang saya sebutkan, itu adalah LHA matahari
di bawa cakrawala maya / horizon. uda gk nampak matahari mana mungkin anda bisa
baring matahari.
maka
saat keluarkan ilmu perbintangan anda….
Penjelasan
untuk True Azimuth ( perhatikan ini adalah final )
Setelah
anda mendapkan True Azimuth adalah N 69.7° W anda perluh lagi mengkonversi ke
dalam penyebutan standar arah mata angin. maksud nya begini aku lupa juga
bagaimana cara penyampaian ya. Jadi bagaimana itu (N 69.7° W) bisa di sebut
cukup 001° atau 070° atau apa aja sampai 360° jadi tidak ada lagi di pake N dan
W.
Bagaimana sudah paham?, mari ikuti saya:
NW
artinya : 360° ke 270° betul ya.
NE
artinya : 000° ke 090°
SW
artinya : 180° ke 270°
SE
artinya 180° ke 090°
betul
ya—- trus sumber nya dari sini.
N
= North = 360°
W
= West = 270°
S
= South = 180°
E
= East = 090°
Jadi
kalo penyebutan ya N 69.7° W
Berarti
360° – 69.7° = 290.3° T
tanda
T hanya penekanan saja bahwa T (True Azimuth) tidak ada aturan yang
mengatur.
Ok,
maka kita sudah mendapat True Azimuth. untuk mendapatkan Error kompas seperti
yang sudah saya katakan kita harus menyelesaikan 2 tugas pokok yaitu:
Compas
Azimuth sudah kita dapat adalah : 291° (lihat pada postingan lain cara
mendapatkan compass azimuth)
True
Azimuth sudah kita dapat juga adalah : 290.3°
GYRO STANDARD STEERING
TRUE AZIMUTH : 290.3° 290.3° 290.3°
COMPASS AZIMUTH : 291.0 283.0 291.0 -
ERROR : 0.7E 2.7W 0.7E
VARIASI : 0.3W 0.3W 0.3W -
DEVIASI : 0.4E 2.4W 0.4E
TRUE AZIMUTH : 290.3° 290.3° 290.3°
COMPASS AZIMUTH : 291.0 283.0 291.0 -
ERROR : 0.7E 2.7W 0.7E
VARIASI : 0.3W 0.3W 0.3W -
DEVIASI : 0.4E 2.4W 0.4E
Catatan:
untuk tanda penulisan pada Gyro Compass bukan untuk magnetik, itu harus anda
tulis dengan tanda E ( + ) atau W ( - ) . Artinya ;
E ( + ) = East
W ( - ) = West
dari
gambar di atas bisa di baca
Error Gyro = 0.7° E
Error Standard kompas = 2.7° W
Error Steering = 0.7° E
Variasi di peta tahun 2010 adalah: 0.3° W
Deviasi Gyro = 0.4° E
Deviasi Standard kompas = 2.4° W
Deviasi Steering = 0.4° E
Selanjut nya tinggal anda pindahkan hasil di atas ke buku Jurnal
Kompas Error.
Cara mendapatkan VARIASI di PETA
Pada Mawar pedoman di bawah tulisan di kotak MERAH di bawah ini, bisa di baca seprti ini :
Pada tahun 2006 variasi di peta di bawah ini adalah : 0010’W
Penambahan pertahun adalah : 2W
Sekarang ada ditahun 2010 , bagaimana mendapatkan Variasi
sekarang tahun 2010 ?
Jawab :
2010-2006 = 4
4’ x 2’W = 8’W ( Ingat masih dalam menit bukan derajat
atau jam )
Variasi tahun 2010 adalah : 0010’W + 8’W = 0018’W
Maka kita jadikan derajat = 0.30 W
Jadi Variasi tahun 2010 adalah = 0.30 W
Semoga manfaat....
4 Komentar:
Mass trims udh bisa sedikit mengerti..
Klw nilai compass azimuth STD tu dpt Dr mana yg 283.0 bukannya 130.
Dan 2.7 tu hsil dr 290.3- 283.0 Blum mngerti bisa dpt hsil 2.7..
Mohon pjlasannya
Rianto Ode,,mas utk dpt 2,7 W/-2,7..,ingat W itu nilainya negatif,,trus cara menjumlahkannya jgn keliru 290,3-283,0..pasti dpt hasilnya -2,7W.
mass ko tiba2 ada hasil error 07 E, tolong penjeleaannya dapat dari mana
Standar bearing nya mana ya
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda