Jumat, 16 November 2012

COMPASS AZIMUTH & TRUE AZIMUTH


Pengalaman saya dalam menghitung error compass, banyak Officer maupun cadet yang sibuk terlebih dahulu dengan membayangkan perhitungan yang begitu rumit sebelum ia benar – benar melaksakan nya. Maka alhasil "malas" dan "banyak pekerjaan" sehingga tidak sempat mengambil error kompas begitu alasan nya.
Maka ada baik nya anda fokuskan pikiran anda hanya pada dua hal saja yaitu :

Compass Azimuth dan True Azimuth

Compass Azimut, anda tidak perluh menghitung untuk mendapatkan nya tetapi melakukan pembaringan langsung terhadap matahari. Sedangkan..

True Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau juga Norie`s Nautical Tables.

Setelah anda melakukan kedua hal itu, maka error compas pun dapat di ketahui.

Mari kita memulai pelaksanaan dengan:

STEP I. Compass Azimuth.

Untuk mengetahui Compass Azimuth maka kita di haruskan melakukan baringan terhadap matahari langsung dengan tahap – tahap sebagai berikut:
Di atas kapal kita harus mempunyai alat2 seperti Gyro Compass, Standard Compass, dan Repeater. Dan kemudian kita juga ada alat yang nama nya Azimuth Mirror dan Chronometer / alat penunjuk waktu tersedia di atas kapal. jika gk ada Chronometer bisa menggunakan jam yg ada di GPS. Jam nya itu terupdate dari satelit jadi akurat.
Setelah semua nya ada di atas kapal perhatikan lagi karena kita nanti juga akan menghitung True Azimuth untuk waktu yang sama dimana anda mengambil compass azimuth tersebut maka persiapkan juga Nautical Almanac, Daftar Ilmu Pelayaran, atau Norie`s Nautical Tables suda stand by untuk di gunakan.

Setelah itu kita akan memulai pengambilan baringan atau Gyro bearing matahari tetapi sesaat sebelum atau sesaat setelah pengambilan baringan, perikasa dulu penunjukan haluan standard compass, gyro compass atau master gyro (yang adanya sedikit tersembunyi bisa anda cari di sekitar kemudi itu ada lubang kecil lalu intip). Kemudian cek juga steering, dan Center Repeater, Starboard and Port Repeater. Suda, lalu catat penunjukan haluan masing2 dan juga perbedaan satu sama lain bila ada. Atau apabila perbedaan nya cukup besar misal nya lebih dari 5° maka perluh di adjust repeater paling tidak lebih mendekati sama dengan penunjukan master gyro atau lebih kurang dari 3° boleh lah untuk Master Gyro dan Repeater. Bukan magnetic kompas (standar kompas) mengapa? Karena gk mungkin kan anda adjust master gyro disamain dengan magnetic compass atau Standar kompas??

Selanjutnya silahkan menghampiri salah satu repeater entah itu yang center repeater atau starboard dan port repeater yang mana menurut anda leluasa tidak terhalang bagian2 anjungan kapal bila saat pengambilan baringan.

Letakanlah azimut mirror pada bagian atas repeater. Pastikan circular plate azimut mirror masuk benar pada bundaran repeater. Kalo masih belum pas anda coba sedikit di tekan sampai benar masuk dan bisa di geser / putar tidak lengket atau terasa berat.

Arahkan reflecting glass (macam kaca pemantul) azimuth mirror ke arah matahari ( paling baik matahari sekitar jam 4 soreh sampai jam 5 soreh atau jam 6 bahkan mendekati sunset kalo langit cerah sehingga nampak jelas matahari, sebalik nya juga di pagi hari dengan tinggi matahari tidak terlalu tinggi tetapi jelas dan bersinar terang ) kemudian adjust dengan mengerakan reflecting glass tersebut dari atas ke bawa sampai pantulan matahari tepat di kaca yang lain pada piringan Azimut mirror tsbt. Sesuaikanlah dengan ayunan oleng kapal ke kiri dan kanan. Tahan lah pada bidang datar dengan kelincahan mata anda melihat titik tengah dari pengukuran spirit level (macam water pass) pada azimut mirror tsbt. Sehingga pada mark disk atau mawar compass repeater anda akan mendapati seberkas sinar tepat seperti garis cahaya mengenai titik-titik derajat pada mawar repeater. Pada saat yang tepat pula baca lah penunjukan nya… Lalu catat. (catat menunjukan berapa derajat)

Dengan waktu yang hampir bersamaan juga, bacalah penunjukan jam. Catatlah  dalam detik-menit-dan jam. Dan tentu juga tangal hari itu. ( langsung aja dlm jam GMT)

Catat juga posisi GPS anda Lintang dan Bujur saat tersebut.

Informasi atau data tersebut bisa anda catat dengan urutan dan format pada sebuah buku catatan/cakaran perhitungan Error kompas seperti ini:

Date : 23 – JUL- 2010
Time : 09h 36m 40s  UTC (utc atau GMT sama saja maksud nya)
Position : Lat:  02° 31.20′ N       Long:  101° 30.00′ E   (Malacca Strait)
Compass Azimuth :     291°     ( Port Repeater)
Course,  Gyro: 128°   Standard:   130°    Steering:  128°

Atau seperti gambar.

Gambar 1. Compass Azimuth
Anda telah menyelesaikan STEP I. Compass Azimuth,  perhatikan baik2 setelah anda menyelesaikan tahap ini berarti anda telah menyelesaikan  1 tugas di antara 2 tugas utama  sebagai sumber informen untuk mengungkap error compass. Seperti yang sudah saya katakan hanya ada dua poin utama tugas anda untuk menyelesaikan perhitungan Error Compass yaitu  Compass Azimuth, True Azimuth.

Maka Step berikut nya, kita masuk pada ulasan menyelesaikan True Azimuth atau bisa kita sebut:

STEP II. True Azimuth

True Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau Norie`s Nautical Tables atau calculator menggunakan formula / rumus.

Pada STEP II. True Azimuth ini,
Perlu dipahami bahwa True Azimuth bisa anda dapat apabila ada 3 macam hal lain terlebih dahulu sudah anda ketahui.
3 hal yang saya maksudkan adalah: LHA matahari, Lintang anda, dan Declinasi matahari. Itu saja tiga poin tersebut apabila anda telah ketahui maka kita bisa mendapakan True Azimuth.

Penjelasan singkat:
LHA matahari di dapat dari Nautical Almanac dengan sedikit perhitungan kecil tidak ada nories nautical tables atau tabel apa pun di butuhkan disini. Murni hanya nautical almanac.
Posisi Lintang Observasi di dapat dari posisi GPS kapal anda.
Declination di dapat dari Nautical Almanac dengan tambahan sedikit koreksi. ini juga tidak di butuhkan nories table.

Nah dari 3 poin tersebut di atas yang sudah anda ketahui tentu adalah poin nomor 2 “Posisi Lintang Observasi” ( karena anda langsung nyontek dari GPS kapal )
Tetapi poin no.1 dan 3 belum anda ketahui. Betul ?

Spt di bawa ini adalah hasil nya:

LHA matahari : 64°
Lintang : 03° N
Declinasi : 20° N

Untuk mendapatkan True Azimuth, nah disini baru keluarkan buku tabel “Nories Nautical Tables”.
Almanac tidak lagi di butuhkan. langsung saja ya saya tulis sebelum nya bleng seperti ini:
A :
B :
C :
True Azimuth :
True Azimuth :

Anda membuka Daftar “Nories Nautical Tables”  truss… anda dapat hasil sbb:
A : 0.03 S
B : 0.40 N ( – )
C : 0.37 N
True Azimuth : N 69.7° W
True Azimuth : 360° – 69.7° = 290.3° T

Akhir nya anda telah mendapat True Azimuth.

Penjelasannya :

Pertama:
Anda telah mendapat LHA matahari : 64-02.6,  Lintang : 02-31.2 N, Declinasi : 20-03.2 N (lihat di atas)

Kedua:
Selanjut nya ambil lah buku "NORIE`S NAUTICAL TABLES" bawa kemari semua macam2 buku di atas meja jauhkan yang ada hanyalah "NORIE`S NAUTICAL TABLES" di atas menja. Kemudian bukalah di halaman buku tersebut cari daftar A.B.C Azimut, letak halaman nya kira2 berada di tengah halaman ke akhir halaman buku dengan bagian BAB. CELESTIAL NAVIGATION. Sudah temukan?? Selanjutnya silahkan di isi isian bagan kosong di atas. 

Penjelasan untuk A
0.03 di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan Lintang (Lihat Gambar: Table-A)
Mengapa di belakang angka 0.03 ada tanda S ? alasan nya karena Lintang adalah N. Hukum nya, A ini sebutan nya selalu belawanan dengan Lintang. maka apabila Lintang N berarti sebutan A harus lah  S artinya berlawanan. perhatikan baik2..

( Gambar: Tables-A ) Norie`s Nautical Tables
Penjelasan untuk B
0.40 di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan Declinasi matahari (Lihat Gambar: Table-B)
Mengapa di belakang angka 0.40 ada tanda N ? Alasan nya karena Declinasi adalah N. Hukum nya, B ini sebutan nya selalu senama dengan Declinasi. Maka apabila Declinasi N berarti B ini penyebutan nya harus N juga artinya selalu senama.
(sampai disini gmana? gampang yah.. saya sudah pernah bilang sesuatu pekerjaan terkesan sulit kalo belum tau. Tetapi kalo uda tau yahh segitu aja. iakan? bagaimana dengan maneuver tugboat gandeng tongkang. sulit gk?? kalo belum pernah jangan coba-coba. praktek dulu atau latihan main game perang sebelum sungguh2 berperang).


Penjelasan untuk C
0.37 (bukan di dapat dari Norie`s Nautical Tables) tapi di dapat dari Penjumlahan atau Pengurangan A dan B. Hukum nya apabila A dan B senama maka di jumlahkan kedua nya. Tetapi apabila tidak senama maka di kurangkan.
Mengapa di belakang angka 0.37 ada tanda N ? alasan nya penyebutan di C ini akan otomatis mengikuti penyebutan A atau B salah satu yang memiliki nilai paling besar.

Penjelasan untuk True Azimuth ( perhatikan di atas )

mengapa tertulis seperti ini,  N 69.7° W (perhatikan di atas)
69.7° di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument C dan Lintang.
Perhatikan baik – baik dengan argument 0.37 dan lintang. Maka angka ini anda cari di Norie`s Nautical Tables pada Daftar C. cari angka 0.37 ada di sana. Lihat paling atas sekali cari di semua halam Daftar C. apabila sudah ketemu, kemudian tarik pandangan ke bawa sejajar dengan lintang 03°  maka anda mendapat angka ini, 69.7 Sudah dapat, catat, tulis di kertas orek2an anda dengan di tambahkan  penyebutan nya sehingga jadi seperti ini: N 69.7° W saya jelaskan sedikit… mengapa ada N?  alasan nya karena C adalah N. Mengapa W ? alasan nya karena LHA. karena nilai LHA masih di antara 000° – 180° . Namun apabila LHA nilai nya di antara 180° – 360° berarti penyebutan nya E.

Untuk lebih memudahkan pemahaman anda saya sertakan gambar,  Daftar C lihat gambar

( Gambar: Table – C ) Norie`s Nautical Tables

Catatan:

Pengalaman saya sejauh saya mengamati matahari, saya hanya bisa mengambil error kompas dan dapat mengambil error kompas dengan LHA matahari hanya antara 270° – 360° itu adalah letak matahari dari matahari terbit di timur sampai dengan siang hari tegak lurus di atas kepala anda. kemudian 000° – 090° ini adalah sudut jam matahari di atas kepala anda sampai dengan matahari terbenam di barat… kemungkinan anda bisa mendapat LHA lebih dari contoh saya di atas apabila anda berlayar di atas Lintang 10°N ke dibawa Lintang 10°S anda bisa mendapatkan LHA lebih dari ketentuan saya di atas dengan catatan Declinasi hampir sama dengan Lintang Anda, maka tentu terasa matahari libih lama bersinar daripada terbenam. Tetapi apabila anda berlayar hanya di sekitar khatulistiwa saja maka LHA anda tidak akan jauh dari patokan saya tersebut. Jadi apabila anda menulis LHA tidak di antara 270° – 360° dan 000° – 090° itu artinya anda ulangi lagi perhitungan LHA anda karena salah.

Tetapi apabila memang perhitungan LHA anda tetap hasil nya di luar jauh dari pada 000° – 090° dan 270° – 360°, berararti anda barangkali memang betul juga,,?? karena melihat matahari pada malam hari.. 
JAdi maksud saya LHA di luar dari pada yang saya sebutkan, itu adalah LHA matahari di bawa cakrawala maya / horizon. uda gk nampak matahari mana mungkin anda bisa baring matahari. 
maka saat keluarkan ilmu perbintangan anda….

Penjelasan untuk True Azimuth ( perhatikan ini adalah final )

Setelah anda mendapkan True Azimuth adalah N 69.7° W anda perluh lagi mengkonversi ke dalam penyebutan standar arah mata angin. maksud nya begini aku lupa juga bagaimana cara penyampaian ya. Jadi bagaimana itu (N 69.7° W) bisa di sebut cukup 001° atau 070° atau apa aja sampai 360° jadi tidak ada lagi di pake N dan W.
Bagaimana sudah paham?, mari ikuti saya:

NW artinya : 360° ke 270° betul ya.
NE artinya : 000° ke 090°
SW artinya : 180° ke 270°
SE artinya 180° ke 090°
betul ya—- trus sumber nya dari sini.
N = North = 360°
W = West = 270°
S = South = 180°
E = East = 090°

Jadi kalo penyebutan ya N 69.7° W
Berarti 360° – 69.7° = 290.3° T
tanda T hanya penekanan saja bahwa  T (True Azimuth) tidak ada aturan yang mengatur.

Ok, maka kita sudah mendapat True Azimuth. untuk mendapatkan Error kompas seperti yang sudah saya katakan kita harus menyelesaikan 2 tugas pokok yaitu:
Compas Azimuth sudah kita dapat adalah : 291° (lihat pada postingan lain cara mendapatkan compass azimuth)
True Azimuth sudah kita dapat juga adalah : 290.3°

                                                             GYRO           STANDARD                 STEERING

       TRUE AZIMUTH           :              290.3°                 290.3°                           290.3°  
       COMPASS AZIMUTH  :              291.0                   283.0                            291.0  -
       ERROR                          :                  0.7E                     2.7W                            0.7E
       VARIASI                        :                  0.3W                   0.3W                            0.3W   -
       DEVIASI                        :                   0.4E                    2.4W                            0.4E


Catatan: untuk tanda penulisan pada Gyro Compass bukan untuk magnetik, itu harus anda tulis dengan tanda E ( + ) atau W ( - ) . Artinya ;

E  ( + ) = East
W ( - ) = West

dari gambar di atas bisa di baca

Error Gyro = 0.7° E
Error Standard kompas  =  2.7° W
Error Steering = 0.7° E
Variasi di peta tahun 2010 adalah: 0.3° W
Deviasi  Gyro = 0.4° E
Deviasi  Standard kompas  =  2.4° W
Deviasi Steering = 0.4° E
Selanjut nya tinggal anda pindahkan hasil di atas ke buku Jurnal Kompas Error.



Cara mendapatkan VARIASI di PETA

Pada Mawar pedoman di bawah tulisan di kotak MERAH di bawah ini, bisa di baca seprti ini :

Pada tahun 2006 variasi di peta di bawah ini adalah : 0010’W
Penambahan pertahun adalah : 2W
Sekarang ada ditahun 2010 , bagaimana mendapatkan Variasi sekarang tahun 2010 ?

Jawab :

2010-2006 = 4

4’ x 2’W = 8’W ( Ingat masih dalam menit bukan derajat atau jam )
Variasi tahun 2010 adalah : 0010’W + 8’W = 0018’W
Maka kita jadikan derajat = 0.30 W
Jadi Variasi tahun 2010 adalah = 0.30 W






Semoga manfaat....



1 Komentar:

Pada 1 Februari 2014 08.19 , Blogger Rianto Ode mengatakan...

Mass trims udh bisa sedikit mengerti..
Klw nilai compass azimuth STD tu dpt Dr mana yg 283.0 bukannya 130.
Dan 2.7 tu hsil dr 290.3- 283.0 Blum mngerti bisa dpt hsil 2.7..
Mohon pjlasannya

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda